SLIDER

WELCOME!

Hi fellas! My name is Justin Larissa and welcome to my online home where you can see how I Travel and Enjoy Everything! Lets pull up a bear, have a cup of Thai Tea, make yourself comfortable and enjoy my blog.

ABOUT JUSTIN

NEWSLETTER

Holy Cramps!

Dulu pas pertama kali haid –kalo ga salah SMP kelas 2, saya panik dan teriak-teriak ke Mama. Pasalnya, darahnya banyak banget. Sampai tiga hari berikutnya pun begitu. Akhirnya Mama ajak periksa ke ginekolog dan dokternya bilang lapisan dalam rahim yang luruh karena tidak ada pembuahan itu tebel banget, jadinya kalo haid jadi banyak. Beruntung saat itu saya ga mengalami kram perut dan selo-selo aja sampai akhirnya waktu kuliah, pengalaman gila itu datang. Saya ngerasain kram luar biasa kalo lagi haid dan OHMYGOD!, emosinya ga karuan. 

Bedanya, jaman kuliah dulu saya rajin olahraga jadi sakitnya lumayan bisa diminimalisir. Nah, sekarang kan jadi mbak-mbak kantoran, aktivitas olahraga saya terbatas. Dulu bisa tiap hari olahraga, sekarang cuma bisa pas weekend aja. Akhirnya ‘penyakit gila’ itu berjaya deh. Kalo biasanya sakit cuma di perut bagian bawah aja, di saya sakitnya di semua sisi. Tambah lagi pusing, mood swing, dan penderitaan kalo lagi pup atau bersin bikin tekanan di perut yang sakitnyaaaaa ih like there's no tomorrow! Menderita lah pokoknya. Makanya saya mulai cari-cari cara buat mengatasi ini. Saya tanya teman-teman yang punya gejala PMS serupa, browsing, baca artikel yang ada di forum orang yang punya masalah PMS, kemudian melakukan eksperimen.

Sampai akhirnya ketemu deh formula yang terus saya pake sampe sekarang. Meskipun ga sampe ngilangin kram, tapi lumayan banget sakitnya ga kebangetan kaya biasanya. Saya masih bisa olahraga, masih bisa kerja dan meeting sana sini, nyetir pas macet juga oke oke aja, masih bisa jalan-jalan di mall, masih bisa happy happy karokean, lumayan banget deh. Nah formula ini sayang kalo cuma saya simpen sendiri, jadi ini diaaa untukmu teman-teman cantik. Happy reading! 

BEFORE
Namanya juga PMS alias pre menstruation syndrome, jadi proses sebelum haid itu sangat penting. Pada proses ini, saya punya partner baik dan hebat banget namanya Clue. Dia ini aplikasi yang berfungsi sebagai kalender kewanitaan. Dia bisa prediksi kapan haid, keputihan, masa subur, dan sebagai agenda rekam kondisi menstruasi kita. Selama saya pake sih hitungannya bener terus, kalo ga sesuai paling meleset sehari aja. Berkat Clue, saya jadi bisa siap-siap sebelum ‘tanggal merah’.

Saya akan konsumsi makanan yang berfungsi meminimalisir kram perut kayak bayam, kangkung, edamame, ikan-ikanan, dan banyak makan buah yang mengandung zat besi. Seminggu sebelum haid sebaiknya juga hindari minuman dingin, saya mikirnya sih biar perutnya siap dan santai ketika udah mau dapet. Banyak minum air putih hangat dan berjemur matahari pagi 15 menit sehari akan membuatmu bugar dan bersih dari racun dalam waktu yang bersamaan sehingga tubuh lebih siap untuk menghadapi kejamnya PMS –lakukan kebiasaan ini setiap hari juga ya.

Untuk aktivitas fisik, kalo kamu olahraganya cuma bisa di weekend, seminggu sebelum haid mulai deh perbanyak gerak-gerak kecil entah jalan kaki, stretching, yoga kecil-kecilan, push up, pokoknya bergerak. Saya sukanya kalo lagi tiduran nonton TV tuh kakinya satu-satu di angkat 45° sambil tahan 30 detik, ga usah peduli berapa kali repetisi yang penting dilakuin. Kalo udah pegel yaudah berhenti hahaha. Squat juga selalu jadi aktivitas rutin saya tiap pagi. Moves make your muscle more flexible and fresh, so your body will steady for every hit.

DURING
Ini diaaaaaa hari bedebah itu tiba! Biasanya saya akan merasakan kram dan sakit selama lima hari –lama banget ya hiks hiks. Makanya untuk meminimalisir penderitaan, saya selalu kompres perut dengan air hangat mulai dari berangkat kantor, duduk kerjain kerjaan, nyetir pulang, sampai tidur malam saya akan selalu kompres perut. Entah sugesti atau memang ada dampak yang positif, saya selalu merasa lebih baik ketika di kompres. Perut ga terlalu sakit dan rasanya jauh lebih rileks. 

Saat haid, saya sangat menghindari minum kopi, soda, minuman dingin, dan perbanyak yang hangat-hangat –kecuali kalo ada yang ajak saya ke Harvest because I can’t bear myself for its green tea ice cream hehe. Usahakan banget jangan minum dan makan yang dingin karena nanti lapisan dalam rahimnya jadi tertahan dan luruhnya susah. Lanjutkan konsumsi sayur berzat besi tinggi dan buah. Jangan makan steak daging sapi dulu kalo lagi haid, kalo steak ikan boleh. Saya pernah makan steak daging sapi pas haid dan iya bener, bikin berasa tebel banget perutnya dan sakit minta ampun –gatau kenapa sih alesannya tapi beberapa sumber juga menyarankan untuk ga makan daging dulu dan hindari gorengan, makanan pedas, juga makanan asam. Selanjutnya, salah satu rutinitas yang saya lakukan untuk merilekskan aktivitas peluruhan lebay ini adalah abdominal massage. Pijit-pijit lembut perutmu dengan baby oil atau massage oil supaya otot di perut rileks dan bikin peluruhan terasa lebih ringan.

Kalo fisik udah dapet perhatian sebegitu baiknya, lanjutkan dengan memanjakan hati dan pikiran. Mandi dengan sabun wangi dan keramas yang rutin adalah cara paling mudah untuk ‘menikmati’ haid. Selain itu, saya selalu seduh teh hijau di pagi hari untuk antioksidan dan tentu saja, menenangkan hati. Kadang nyemil dark chocolate juga atau mie instan atau somay atau mashed potato –biasanya kalo lagi haid kan nafsu nyemil nambah tuh, jadi perut kenyang hati senang. Last but not least, penting banget untuk tidur cukup setiap hari. Bukan hanya akan menjaga tubuhmu saat haid, tapi selesai haid juga.

The bonus for me –which makes my mood still in the chair is, Mas Gepeng know very well my cycle. Dia ga perlu pake Clue atau catet di kalender, tapi bisa tau kalo saya udah mau haid. Katanya sih keliatan kalo mukanya udah bentar-bentar bete, makannya suka milih-milih ga jelas, dan ada perubahan secara fisik. And he nursing me so nice. Kalo udah mulai marah-marah, dia bakalan santai ngikutin aja pacarnya marah terus tiba-tiba bilang “makan Andakar yuk?”, udeeeeh abis itu baik lagi hahahaha. Kalo udah bete-bete, dia yang bakalan berusaha ajak ngobrol dan cerita ini itu. Lumayan lah itu perlakuan yang layak untuk kekasih yang menderita ketika haid –pacar kaya gini nikahable banget wis. Treat yourself with facial or hair spa for handling the mood swing, or hot chocolate with forehead kiss maybe?

AFTER
Setelah haid, masalah yang biasanya muncul adalah lemah lemas tak berdaya karena kehabisan darah. Jika sebelumnya kita sudah makan sayur dan ikan yang banyak, harusnya badan tidak akan terlalu lemas. Tapi kalo masih lemas, konsumsi pisang, mangga, apel, brokoli, pokoknya buah dan sayur buat penambah darah. Minum obat penambah darah juga boleh. Lakukan aktivitas lagi seperti biasanya tapi jangan lupa untuk terus tetap banyak bergerak. Berenang dan jogging sudah saya buktikan bisa bikin nyeri haid berkurang banyak. Beneran! Aktivitas paska haid yang terakhir dan penting banget adalah baik-baikin lah pacar dan temen yang jadi korban marah-marah pas haid kemarin haha.

And that’s about it. My simple tips that has been saving my mood throughout period days. I’d love to know what’s formula you guys are using for better period days and let me know in the comment. Semoga haidmu ga nakal bulan ini yaaa. Have a lovely day





much love,

No comments

Post a Comment

I'd love to hear from you!

© Travel and Enjoy Everything with Justin Larissa • Theme by Maira G.