Morning Skincare Routine

15 October 2015

Heyho! Saya lagi happy banget nih! Setelah penasaran dengan orang-orang yang nge-post hasil cek kulit mereka di booth SKII, saya akhirnya berhasil nyoba ngetes di booth SKII Kota Kasablanka kemarin weekend. Ekspektasi saya rendah banget waktu itu, yaelah muke kaya ember gini hahaha. Kalo ga umur 22 ya 23 kali. Tappppi, setelah cek dengan mesin ajaib bernama Magic Ring itu, ternyata umur kulit saya 17 tahun! *sujud syukur*

Melihat hasil itu -dan semoga mesinnya ga lagi rusak haha, saya makin semangat lagi ngerawat kulit. Apalagi kemarin firmness power sama wrinkle resilience saya skornya paling jelek, jadi makin makin makin semangat banget bikin muka ember ini makin kenceng dan sehat. Terus jadi pede juga nulis beauty routine setelah waktu itu tulis tentang merawat kulit kemarau. Sekarang saya mau sharing rutinitas perawatan pagi saya, selain buat kasih review beberapa produk yang saya pakai, ini juga sebagai reminder buat diri sendiri kalo-kalo di kemudian hari saya males hehehe.

Jenis kulit saya semula kering berminyak dan kurang hidrasi. Setelah pake rangkaian Laneige, kadar air di kulit saya sepertinya sudah meningkat jadi ga terlalu kusam kering sedih lagi. Kalo ada yang pernah baca ini dan ini, kelihatan kalo saya sering gonta-ganti skin care soalnya selain emang suka gatel coba-coba yang baru, katanya memang sebaiknya tidak menggunakan satu jenis skin care yang sama dalam waktu yang lama karena tubuh secara alamiah akan menetralisasi bahan produk yang dipakai secara terus menerus.

My skin's breakfast :p

Cleansing
Menurut hasil survey, seratus miliar orang cantik bilang membersihkan wajah merupakan hal paling penting -termasuk pagi hari. Meskipun ga kena asap polusi atau debu di luar ruangan, tapi di kamar tidur itu juga banyak bakteri. Hinggapnya ga hanya di bantal, tapi guling, selimut, sprei, AC atau kipas angin, bahkan rambut juga ada bakterinya. Makanya tetap harus dibersihkan. Saya punya dua cara pembersihan di pagi hari. Pertama pake micellair water, kedua pake facial wash.

Micellair water saya pake kalo weekend aja, ga kemana-mana, dan males mandi haha. Masih jadi favorit saya pake Bioderma Sensibio H20. Bahkan selalu saya pake waktu triple cleansing membersihkan make up. Kalo facial wash, jagoan pagi saya masih JUARA Rice Facial Cleanser. Cleanser yang terinspirasi dari rempah-rempah Indonesia ini favorit saya banget! Selain karena wanginya menyejukkan, kandungan candlenut oil dan rice bran extract sangat menjaga kelembaban dan lembut banget di kulit. Habis di pake, mukanya masih halus dan ga kering.
P.S.: Saat cuci muka dengan tangan, berikan sedikit pijatan lembut di bagian pipi, kening, dagu, dengan gerakan memutar keluar. Selain untuk mengangkat kotoran lebih efektif, pijatan ini bikin kulit muka rileks dan aliran darah lebih lancar.
Toning
Setelah cuci muka, lanjutkan pake toner dan sekarang saya pake Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol Free Toner. Sahabat baik untuk kulit kering adalah non alcohol skin care dan Kiehl's Calendula ini bisa jadi salah satu alternatif. Yang paling saya suka dari toner ini adalah wanginya seger banget dan ada bulir bunganya. Di kulit rasanya dingin sejuk dan hasilnya pun lembut, bersih angkat sisa kotoran. Yang perlu diingat dari pemakaian toner adalah setelah dipake, diamkan dulu beberapa menit sampe menyerap baru deh lanjut ke perawatan lainnya.

Eye cream
Saya termasuk tim pengguna krim mata di pagi dan malam hari. Sebagai orang yang suka ketawa dan punya kulit mata cenderung kering, krim mata ini wajib. Masih nempel sama Laneige Water Bank Eye Gel karena memang ini masih banyak banget ga habis-habis hahaha. Teksturnya gel lembut selalu bisa bikin mata seger meskipun lagi lelah. Ekstrak calendula dan daun ginkonya bikin mata kering jadi sehat lagi, mengurangi sembab, dan lembab sepanjang hari. Must have item!

Pre Serum
Pre serum ini bisa di bilang dasarnya sedasar-dasarnya serum. Sebelum ada apa-apa nempel di kulit, pake ini dulu untuk meningkatkan kualitas kulit sebelum mendapatkan perawatan selanjutnya. Saat ini saya pake Kiehl's Iris Extract Activating Treatment Essence, yang dapetnya gratisan setelah ikutan kelas merangkai bunga bareng Kiehl's dan Atelier Fleuri beberapa waktu lalu. Ini adalah skin care yang ga pernah sama sekali saya lewatkan karena saya cinta banget banget sama Iris ini. Teksturnya yang ringan seperti air mudah sekali menyerap ke kulit, bikin moist, hydrated, dan bisa sebagai anti aging. Cara pakenya cukup taruh tiga atau empat tetes ke telapak tangan lalu di tempel-tempel dan tepuk-tepuk ke wajah. Buka Instagram Kiehl's Indonesia deh buat tau simulasinya.

P.S.: Setelah beberapa tanya soal Iris yang dapet gratisan dari acara Kiehl's, saya sampaikan kalo dapetnya itu tester botol kecil ya. Ini udah repurchase yang original size dan kayanya bisa dipake seumur hidup hahaha.

Serum
Selanjutnya pake layer serum berikutnya yaitu Laneige Water Bank Essence. Saya udah tulis disini betapa saya cinta banget sama essence Laneige. Kandungan ion mineral, quinoa, dan ekstrak tilandsia bener-bener canggih mengunci kelembaban dan kadar air dalam kulit sehingga seharian kulitnya chewy terus. Berbeda sama pre serum, kalo ini cara pakenya itu di usep-usep ke wajah dengan gerakan memutar keluar. Tipis aja soalnya serum ini teksturnya ringan dan mudah merata ke seluruh wajah.
P. S.: Kalo kamu suka layering serum, urutkan dari yang teksturnya paling ringan ya, dan beri jarak agar masing-masing serum bisa meresap dengan baik. 
Moisturizer
Kulit kering ga boleh skip pake pelembab. Kiehl's Ultra Facial Cream bikin kulit saya selain lembab, seharian terasa terhidrasi terus meskipun di ruangan ber-AC. Teksturnya kental banget, lembut, moist, pokoknya enak. Bahkan saking kentalnya, tempatnya ditebalikin ga tumpah haha.

Neck Moisturizer
Awal tahun 2015, saya pake The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet sebagai pelembab muka. Tapi setelah beberapa kali ganti pelembab dan ngerasa lebih suka sama yang lain, si sorbet ini saya alih fungsikan sebagai pelembab leher. Selain karena kulit leher juga butuh perawatan supaya tetap sehat, ini juga supaya sorbet ga mubadzir dan masih bermanfaat sampai akhir sisa hidupnya hahaha.

Sun Block
Ini juga penting! -yaaa buat saya semua penting sih hahaha. Ga akan ada manfaatnya pake serum bagus kalo ga dilindungi sun block. Salah satu sun block favorit saya adalah Dr. Jart+ Every Sun Day, teksturnya ga berat dan ga bikin lengket. Daya perlindungannya jagoan, ga luntur meskipun keringetan. Cuman kurang sukanya muka jadi keliatan sedikit oily.

So there they are. Keliatan ribet? Emang hahaha. Kalo pun mau lebih simpel, saya skip pelembab leher dan serum aja. Tapi seribet apapun, saya usahakan untuk ga skip apapun di atas. Karena tau manfaat dan efeknya ke kulit saya, bakalan ngerasa bersalah seharian kalo ada yang di skip. Bahkan sekarang udah bisa jadi me time yang seru pas lagi ngaca-ngaca di pagi hari.


O T H E R  I N S P I R A T I O N S :

Kalo mau baca tulisan saya yang lain soal skincare, klik disini.



much loves,
2 comments on "Morning Skincare Routine"

I'd love to hear from you!