Scrubbing News

7 March 2016


Secara alami, tubuh punya aktivitas sendiri untuk meluruhkan sel kulit mati yang terjadi pada interval waktu tertentu. Meskipun dikatakan setiap menit kita kehilangan 30 - 40 ribu sel kulit mati, tapi sebenarnya pengelupasan gak setiap saat terjadi karena sel kulit mati akan melindungi regenerasi kulit baru dulu sebelum dia siap bertemu udara dan matahari. Nah untuk mempermudah proses itu, biasanya kita pake alat bantu kaya scrub, brush, loofah, masker, toner, mungkin ada juga yang seneng pake batu apung (?). Saya termasuk pengguna semuanya (kecuali batu apung), dan belakangan ini saya banyak melakukan riset soal penggunaan scrub. 

Ternyatoooooo saya selama ini keliru dong pake scrubnya! Dari banyaknya artikel soal scrubbing yang saya baca dari blog beauty blogger lokal dan interlokal, dan setelah saya coba sendiri selama dua minggu, I agree one thousand percent the method was great! Really effective and pleasant result from your favorite scrub. Gimana sih gimana sih caranya? Nih saya bagi langkah-langkahnya.


Pertama, wajah harus dalam keadaan lembab dan bersih. Jadi sebaiknya cuci muka dulu pake face wash favorit (termasuk ketika kamu habis mandi), lalu keringkan dengan cara di tepuk-tepuk handuk bersih. Sampai semua air hilang, baru lah wajah siap menerima scrub. Kalo kamu mau scrubbing di pagi hari dan malamnya kamu udah cuci muka, langsung aja di scrub.

Kedua, ambil scrub sebanyak yang kamu mau dan dengan ujung-ujung jari di kedua tangan, kamu gosok-gosokan sampe merata. Karena saya suka scrubbing yang agak tebel, jadi ambilnya 3 pieces sebesar buah kismis.

Ketiga, mulai scrubbing dari bagian dagu, lalu pipi bawah, pipi atas, sekitaran hidung, bagian atas bibir, sampe ke kening. Gosok lembut perlahan dengan gerakan memutar keluar. Ingat! Gak usah kenceng-kenceng kaya lagi gosok daki yah, kasian kulitnya nanti iritasi. Lakukan selama satu menit (atau coba lebih lama kaya 2 - 3 menit).

Keempat, dengan telapak tangan, tekan sedikit wajah lalu buat gerakan memutar keluar lagi (namun ini lebih besar). Mulai dari dagu, pipi, lalu kening. Bagian yang ini gak perlu lama-lama, 10 - 20 detik aja. I love this part just because my cheek feels as fluff as marshmallow, and I already believe they're clean enough.


Sudah semua step dilakukan, baru bilas dengan dibasuh air sampe bersih. Jangan membasuh dengan kasar, bagian ini hanya untuk menyapu semua scrub, bukan untuk menyelipkan ke pori-pori.

Selesai! Wajahmu sudah siap untuk menerima perawatan selanjutnya. Mau pake serum atau langsung pelembab, suka suka kamu. Tapi perlu diingat, scrubing dilakukan untuk membuang sel kulit mati, bukan untuk gosok daki (I repeat this sentence and feel so bad about it). Lakukan dengan lembut, dan jangan pernah berpikir bahwa semakin kasar scrub yang digunakan maka semakin baik. Totally wrong! Failed!


Saya scrubbing seminggu sekali (karena maskeran tiga kali seminggu, mereka gak boleh rebutan), dan saya suka banget kulit saya sekarang. Semakin kenyal dan bersih. Scrub yang biasa saya gunakan adalah Kiehl's Epidermal Re-Texturizing Micro Dermabrasion, karena saya suka yang butirannya kecil, lembut, dan hasil akhirnya tetap melembabkan.

Kamu suka scrubbing? Apa produk scrubbing favoritmu? 





much loves,

Post Comment
Post a Comment

I'd love to hear from you!