SLIDER

WELCOME!

Hi fellas! My name is Justin Larissa and welcome to my online home where you can see how I Travel and Enjoy Everything! Lets pull up a bear, have a cup of Thai Tea, make yourself comfortable and enjoy my blog.

ABOUT JUSTIN

NEWSLETTER

Extra Treat Part 1: Melawan Komedooos!

Seperti janji saya kemarin, saya akan tulis cerita sendiri tentang extra treat untuk kulit wajah. Nah karena perawatan tambahan ini selalu saya sesuaikan dengan kebutuhan kulit saat itu, jadi saya pun akan menulis per tema. Sekarang saya akan bahas tentang komedo. Eh sebentar, kaget gak sama foto super close up saya diatas? Hahaha. Just for fun don't hate me please, and just because I wanna show you how big my pores are and how easily blackheads perch in the pores! Di hidung dan sekitar bawah mata bagian dalam adalah yang paling besar, udah sebesar kawah candradimuka. Paling gampang juga tumbuh komedo. Makanya urusan komedo ini selalu serius buat saya. Siapa disini yang udah forever-war sama komedo? Baca terus kalo nasib kita sama. Tos!

Mulai concern sama komedo adalah ketika suatu hari timbul banyak bintik hitam kecil yang menyumbat pori di hidung saya, dan bulir mungil putih mencuat dari pori ketika saya pencet. White heads and black heads were attacked my nose without any warnings. I don't know why they were there and what were they doing. Tapi yang pasti, hal itu menggangguuuu sebal sebal sebal. Telisik punya telisik, ternyata komedo sebanyak itu muncul karena saya hampir tiap hari makam telur ayam. Bahkan sekali makan bisa 3 macam: ceplok, dadar, dan orak arik. Ternyataaaa hormon dan antibiotik yang disuntik pada ayam (yang secara langsung berdampak pada telurnya) akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon, jika berlebihan akan menimbulkan banyak komedo entah putih atau hitam. Biang keroknya kok yang enak begini sih. Hiks.

Apa bedanya komedo hitam dan komedo putih?
Menurut alodokter.com, komedo adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Secara umum komedo dikenal ada dua jenis, si putih dan si hitam.

Komedo putih (whiteheads) adalah kondisi membesarnya folikel rambut yang terhambat oleh sebum dan debris keratin. Jadi semacam sumbatan dibawah kulit. Dan karena dia gak mengalami oksidasi dengan udara, warnanya tetap putih alami. Berbeda dengan komedo hitam (blackheads) yang sifatnya lebih terbuka, sebumnya mengandung unsur melanin jadi warnanya hitam. Karena sebum dan kotoran keluar dari permukaan kulit, maka komedo ini mengalami oksidasi dengan udara sehingga warnanya menghitam. Mau hitam atau pun putih, bodo amat. Buat saya dua-duanya menyebalkan.

Bagaimana cara saya membersihkan komedo?
Nah, cara yang saya gunakan ada tiga, (1) super effective double cleansing dan (2) heat them up and cleaned. Double cleansing yang baik adalah yang dilakukan secara disiplin dan dengan cara yang benar. Percuma pembersih banyak dan mahal kalo pakenya asal-asalan. Saya udah sedikit menjelaskan soalnya cleansing kemarin, disini saya akan fokus di poin 2.

Heat disini literally benar-benar dihangatkan. Saya maskerin daerah hidung dan sekitarnya dengan Tony Moly Egg Pore Blackhead Steam Balm. Masker ini fokus membuka pori melalui kemampuan self-heating dan dengan formula garam, arang, dan telur dia juga membantu membersihkan pori sekaligus mengangkat sel kulit mati. Jadi prosesnya dihangatkan - pori terbuka - komedo nempel - pergi deh.

Teksturnya seperti balsam namun sedikit lebih light. Bulir kuningnya melebur saat dioleskan dan sekali oles langsung terasa hangat. So far pake produk ini lumayan efektif meskipun gak instan ya (kalo urusan komedo maunya yang instan, please hahaha). Balsam ini merupakan rangkaian pertama seri Tony Moly Egg Pore yang sebenarnya setelah pakai ini masih ada dua produk lanjutannya yaitu Egg Pore Tightening Pack  dan Egg Pore Silky Smooth Balm. Namun saya lebih memilih mengkombinasikan dengan produk andalan saya, apalagi kalo bukan Kiehl's.

Setelah pakai masker egg pore, lanjut saya maskeran pakai Kiehl's Rare Earth Deep Pore Celansing Masque. Masker ini fungsinya untuk membersihkan pori + bonus pori menutup. Gak menutup hilang gitu, tapi lebih tight sehingga gak bikin kotoran punya akses masuk. Mungkin karena dia produk untuk pori, pakai clay-mask ini juga terasa hangat meski gak lebih hangat dari masker telur Tony Moly. Dan karena dia membersihkan, saya pakai masker di seluruh wajah dengan ketebalan sekitar 2 sampai 3 mm. Pokoknya tebal sampe gak keliatan kulitnya.

Catatan yang kulitnya kering, karena kandungan Amazonian White Clay masker ini sangat efektif, saya sarankan untuk langsung menggunakan pelembab persis setelah wajah dibersihkan. Karena meskipun dia juga mengandung oatmeal dan lidah buaya, clay padat itu telah menarik semua minyak, kotoran, sekaligus racun yang menyumbat pori sehingga rasanya akan lebih kering. Setiap habis maskeran saya oleskan avocado oil, jadi langsung terasa supple dan segar. Masker ini adalah salah satu jagoan saya untuk urusan cleansing sampe pori-pori. Find more Kiehl's products here (and be happy!).

Menggunakan dua masker ini rutin setiap minggu selama dua bulan, si blackheads udah jauh berkurang. Bahagia banget. Kalo whiteheads? Karena gak terlalu kelihatan, saya uji dengan pakai alat pencetan komedo. Masih ada tapi kecil-kecil banget dan itu udah sangat jarang. Kebetulan pori-pori saya memang dari sananya besar jadi pas coba pencet di banyak tempat, whiteheads udah gak meranjau. Asal rutin dilakukan, komedo yang hinggap bakalan jauh lebih cepat pergi. Sebenarnya banyak cara alami untuk membersihkan komedo, mulai dari pake putih telur, tanah liat, lidah buaya, madu, dll. Ada beberapa yang pernah saya coba tapi karena gak rutin saya jadi gak tau hasilnya gimana. Kalo kalian punya pengalaman membersihkan komedo dengan cara alami, kasih tau saya ya.

Nah cara yang terakhir ini udah emergency exit banget lah istilahnya. Ditempuh ketika lagi gak minat banget maskeran, lagi pingin cara instan, dan lagi males hahaha. Cara (3) facial. Sebenarnya gak saya anjurkan karena cara ini 'memaksa' kulit dibersihkan dengan tindakan 'kasar'. Jadi saya facial juga paling sering 6 bulan sekali. Tempat favorit saya London Beauty Center (LBC), khususnya yang di Yogyakarta -karena males yang di Jakarta jauh. Tips kalo mau facial/peeling di salon kecantikan, pastikan wajahmu dalam keadaan santai, gak lagi 'sensi'. Dan pastikan setelah facial kamu gak ada acara kondangan atau kumpul sosialita karena jelas setelah aktivitas tekan-san-tekan-sini kulit akan sedikit 'stres' sehingga dia perlu istirahat yang cukup.

Gimana mencegah supaya komedo gak datang lagi?
Cara paling simpel ada dua, (1) bersihkan wajah dengan sangat sangat baik sebelum dan setelah tidur, lalu (2) perbaiki asupan makanan. Gak usah sok doyan ayam goreng terus makan ayam goreng terus, atau sok mubadzir ada telur goreng gak ada yang makan terus dihabisin semua, atau gatel mau ngunyah gorengan selama naik KRL. Please, demi masa tua kulit wajah kinclong bebas kerut dan jerawat abadi hindari gorengan berlebihan. Imbangi asupan dengan sayur dan buah. Ini basic yang selalu disepelekan tapi sebenarnya itu paling penting. Terus jangan lupa untuk selalu maskeran dengan fungsi deep pore cleansing, guna membersihkan bakal calon komedo yang sedikit-sedikit udah mampir.

Kalo wajah udah kinclong bebas komedo, maskernya masih rutin dipakai?
Pertama, rasanya mustahil kalo saya gak komedoan hahaha. Tapi masker ini saya pakai hanya saat saya memang lagi bejibun komedonya. Kalo udah bersih, lakukan pencegahan dan kalo mau pun maskeran komedo dua minggu sekali juga cukup. Kebetulan pori-pori kulit wajah saya menganga dari lahir, jadi saya agak lebih rajin mencegah.

Baiklah, selesai sudah Extra Treat Part 1: Melawan Komedooos! versi Justin Larissa. Catatan, saya ini manusia biasa, bukan skincare expert apalagi dokter kulit. Cara diatas pure datang dari hasil pengalaman saya selama ini. Jadi kalo merasa patut dicoba, monggo. Kalo belum berhasil, masih banyak jalan menuju kinclong. Semoga tulisan ini bermanfaat dan saya tunggu share cerita tentang komedo kamu di kolom komentar ya. Salam istri kinclong!

1 comment

  1. di hidungku banyak banget white head komedo, akhirnya aku pencet2 aja nih -_-

    ReplyDelete

I'd love to hear from you!

© Travel and Enjoy Everything with Justin Larissa • Theme by Maira G.