SLIDER

WELCOME!

Hi fellas! My name is Justin Larissa and welcome to my online home where you can see how I Travel and Enjoy Everything! Lets pull up a bear, have a cup of Thai Tea, make yourself comfortable and enjoy my blog.

ABOUT JUSTIN

NEWSLETTER

10 Alasan Kenapa Jepang jadi One of My Super Bucket-List dan Bakalan Bahagia Banget Kalo bisa Kesana!

Meiji Shrine
Irasshaimaseeee! Oh friends I was excited to write about one of my super bucket-list place I've always wanted to visit! Jepang, yes, negeri matahari terbit, adalah satu dari sekian banyak negara yang pingin banget saya datangi. Meski katanya disana sangat mahal tapi rasa-rasanya menghamburkan uang di negara dengan ratusan ribu festival ini akan worth every every penny. Coba bayangkan dirimu ada di Tokyo, di tengah Meiji Shrine, menatap hijaunya hutan dan artiektur temples yang historical, menikmati sejarah Emperor Meiji dan Empress Shoken yang diabadikan, mengelus lembut bunga iris, duduk tenang menikmati itu semua, oh what a beautiful life. Japan is a real heaven on earth! Dan apalagi sih yang bikin saya pingin banget banget mengunjungi Jepang?

Ninja
1. Mau Ketemu Ninja!
Pas kecil, saya pernah mimpi buruk. Saya berada di sebuah kota kecil, sepi penduduk karena ada perang, dan saya dikejar-kejar samurai. Dia kejar saya buas sekali, apapun yang ada bau saya di tebas! Pedangnya panjaaaaang mengkilap namun terasa sadis! Saya gak tau apa salah saya sampe mau dibunuh samurai :'(((( Innalillahi. Saya bangun keringetan dengan nafas terengah-engah. Sepanjang perjalanan ke sekolah saya masih ketakutan, karena kejadian saya ditemukan oleh samurai dan siap ditebas kepalanya itu terngiang-ngiang terus seharian hiks. Tapi yang keren adalah, saat itu ada ninja yang bersembunyi, mengikuti saya, dan akhirnya duel eye to eye sama si samurai. Sejak itu, saya jadi suka ninja! Kenapa? Selain karena di mimpi itu saya dibantuin, ini juga gegara suka baca Naruto. Karena ninja mengintai, gak ngagetin, gerakannya lembut tapi cekatan, sederhana pakaiannya, dan Ninja Assassin yang diperankan oleh Rain berhasil bikin saya kelepek-kelepek.
Sumber foto ninja dari sini.

Japan Street Food
2. They say, food in Japan are worth going bankrupt for! 
I've been a fan of takoyaki and okonomiyaki and sushi like FOREVER! Dan saya tau banget makanan lezat di Jepang bukan cuma itu (lagian makanan yang dimasak sama Javanese dan Japanese kan beda haha). Kalo saya ke Jepang, saya mau cicip takoyaki dan okonomiyaki asli sana, terus shioyaki (ikan mackerel bakar), terus cicip ikayaki (gurita bakar), mochi dango (thanks to Anko Mitarashi sensei, kamu bikin dango terdengar sangat lezat), senbei (crackers beras), yakitori, yakisoba, dan satu lagi yang PALING penasaran adalah daging ikan fugu! UWOW!
Sumber foto jajan takoyaki dari sini.

Castle in Japan
3. Castle and Temples Everywhere!
Who doesn't like castles? Saya sukak banget! Apalagi di Jepang banyak banget kastil dan candi bertebaran. Yang populer itu diantaranya Himeji Castle, Matsumoto Castle, Osaka Castle (my favorite!), Okayama Castle (another favorite!), Nagoya Castle, dan Kumamoto Castle. Salah satu yang paling saya ingin kunjungi itu Bitchu Matsuyama Castle, salah satu kastil orisinil kerajaan Jepang yang masih berdiri sampai sekarang. Kalo kuil mah lebih banyak lagi, beberapa yang populer Kuil Horai, Kuil Kojakuji, Kuil Hana-no-Iwaya-jinja, Kuil Kamigamo-jinja, Kuil Daigo-Ji (ada pucuknya mirip sisir), Kuil Daitoku-ji, dan lain-lain. Asyiknya di Jepang, kastil dan kuil banyak yang free entry. Meski kalo yang populer-populer mesti bayar berkisar 1.250JPY, selama masih ada yang gratisan kan saya happy! Parkiran juga biasanya gratis, jadi kalo ada tiket masuk yang berlaku seharian, maksimalin deh eksplor seluruh sisi kastil dan kuil.
Sumber foto castle Jepang dari sini.

Koi-nobori
4. Buy My Own Koi-nobori
Dahulu kala ada kisah tentang Toryumon dari Cina. Jadi di Yellow River di Cina, ada air terjun yang deras sekali bernama Ryumon. Banyak ikan koi berenang disana, dan koi yang berhasil berenang upstream melawan air terjun, nanti dia berubah jadi naga. Di Cina, naga adalah simbol kekaisaran sehingga orang-orang yang naik status dikenal dengan Toryumon. Makanya ikan koi dianggap sebagai simbol keberuntungan dan di Jepang, ikan koi yang diwakilkan oleh koi-nobori menjadi bentuk harapan semoga anak-anak menjadi sukses. Hal itu menjadi budaya khususnya ketika hari anak tanggal 5 Mei, rumah-rumah memasang koi-nobori warna warni. Ada banyak festival di Jepang yang berhubungan dengan koi-nobori, namun saya punya mimpi untuk membelinya langsung di Jepang, memberikannya pada anak saya, lalu dipasang bareng di depan rumah.
Sumber foto koinobori kece dari sini.

Japan Funny Signs
5. Yang Lucu-Lucu ada di Jepang!
Buat saya, Jepang sangat out of the box. Dan paling out of the box kalo urusan sign lucu-lucu. Tanda yang bertebaran di jalan, di kereta, di pagar, dimana-mana bisa sangat cartoonish, menarik, kreatif, dan memudahkan orang untuk 'ngeh sama himbauan yang ingin disampaikan. Jadi siapapun, bahkan anak-anak bisa lebih mudah paham karena tulisan dipadukan dengan gambar kartun lucu. Selain sign, barang-barang lansiran Jepang suka unik juga! Coba kalian kalo ke supermarket, biasanya ada spot khusus barang-barang impor dari Jepang. Idenya pun aneh-aneh. Di Jepang sendiri, hal-hal ajaib ini ada dimana-dimana. Sebut aja vending machines yang warna warni (bahkan ada khusus yang isinya beer), sendal dari handuk, penahan rambut untuk makan mie, penjepit snack, pisau pemotong kue yang langsung bentuk segitiga, capsule hotels, dasi gambar One Piece, sushi train, electric tram, dan sebagainya.
Sumber foto sign dari sini.

Sumo Tournament
6. Nonton Sumo!
Olahraga dorong-dorongan yang udah legendaris di Jepang ini adalah salah satu atraksi yang pingin banget saya lihat langsung. Hal ini termotivasi dari sukanya saya sama komik Eyeshield 21, khususnya tokoh Daikichi Komusubi. Dia masuk klub American Football Deimon Devil Bats setelah menyaksikan pertandingan tim Zokugaku Chameleons, dan juga karena terkesima dengan kekuatan Kurita, seniornya yang berbadan besar. Belom tau komiknya? Baca deh. Serius, buat saya Eyeshield 21 adalah salah satu buku paling bagus sedunia! Semua dalam komik ini benar-benar HEBAT! Cerita, gambar, auranya, semangat juangnya, strateginya, kalian harus baca sendiri untuk bisa paham. Dan segmen 'Fight On, Komusubi!' adalah yang paling memorable di hati saya. Disitu diceritakan latihan Komusubi untuk menang turnamen adalah dengan main sumo. Badannya yang kecil gak menyulutkan semangatnya, menjadi lineman kuat dan akhrinya membawa Deimon Devil Bats menang di berbagai pertandingan.
Sumber foto sumo dari sini.

Kanto Matsuri
7. Festive Festival!
Ada ratusan ribu festival di Jepang. Bahkan katanya setiap bulan selalu ada festival dan itu gak cuma hits di satu kota aja. Mulai dari festival keagamaan, festival kembang api, festival tari-tarian, festival musim salju, festival musik dan seni performance, festival budaya, festival lentera, pokoknya banyaaaakk banget banget di Jepang. Bahkan ada yang berbahaya! Tapi serunya, festival ini akan jadi media kita untuk berbaur bersama masyarakat lokal. Bisa ikutan sok sibuk-sibuk atau ikut merayakan. Beberapa festival yang bikin saya penasaran adalah Gion Matsuri yang berlangsung di bulan April di Kyoto, Kanto Matsuri (pole lantern festival) di Akita, Nebuta Matsuri (lantern floats festival) di Aomori, Morioka Sansa Odori, Sanja Matsuri (festival paling liar di Tokyo), dan Tenjin Matsuri.
Sumber foto Kanto Matsuri dari sini.

Gero Onsen
8. Nyelem di Onsen!
One of the most popular attaraction in Japan is onsen. Tempat mandi berendam air panas ini ada banyak di Jepang, dan biasanya setiap ryokan menyediakan onsen. Saya bukan penggemar mandi air hangat, tapi berendam air panas di onsen jelas lain cerita. Apalagi kalo onsen outdoor. Mirip-mirip lah kayak nonton serial Ranma 1/2, cuman saya gak bakalan berubah wujud jadi laki atau panda hahaha. Ada banyak onsen outdoor yang keren-keren, misalnya Hakone Onsen, Yufuin Onsen, Beppu Onsen, Ibusuki Onsen, Arima Onsen, dan sebagainya. Manfaat berendam di onsen sangat banyak khususnya bagi kesehatan. Dr Yuko Agishi, seorang ilmuwan Jepang mengatakan bahwa dengan kandungan mineral yang banyak, berendam di onsen dapat menyembuhkan penyakit seperti rematik, hipertensi, neuralgia, dan penyakit kulit. Tapi yang paling menarik adalah filosofi yang diyakini oleh orang Jepang, yaitu setiap orang yang berendam di onsen adalah sama kedudukannya karena pas berendam, mereka udah melepas semua pakaian yang dianggap sebagai harta benda dan kebesarannya.
Sumber foto Gero Onsen dari sini.

Namahage
9. Salaman sama Namahage!
Sesungguhnya, nggg, saya gak tau nih serius apa gak pingin ketemu dan salaman sama Namahage. Pasalnya terakhir saya main ke rumah hantu di Taman Safari Cisarua, saya nangis beler sampe sesenggukkan (anjir, serem gila sumpah!). Tapi masa terus-terusan jadi lemah, hahaha. Cukup saat itu aja saya dibilang cemen. Cukup! Kalo ke Jepang pas tahun baru, saya akan salaman sama Namahage! Meskipun seram, sebenarnya Namahage yang datang dari rumah ke rumah akan disambut ramah oleh tuan rumah. Mereka akan disajikan kue beras dan kue mochi. Namahage memang bikin anak-anak nangis, tapi sebenarnya mereka mendoakan supaya rumah yang mereka datangi itu akan dilimpahan panen dan tangkapan besar, diberkati dengan kesehatan yang baik, dan mendoakan supaya anak-anak menjadi anak yang berbakti. Baik ya.
Sumber foto Namahage dari sini.

Cherry Blossom in Japan
10. See Early-Blooming Plum and Cherry Blossom
The last but not least, main attraction that would make you feel like you're the most blessed people alive, you'll see a great giant cotton candy, is see blooming plum and cherry blossom. Bunga sakura di Jepang ada banyak spesiesnya, dan yang paling populer dan dijadikan acuan untuk memprediksi kapan bunga sakura akan mekar, adalah Somei Yoshino. Warna bunganya putih bersih dengan sedikit aksen pink. Ciri khasnya lebih lucu lagi yaitu si bunga akan mekar duluan baru daun-daunnya dan hanya bertahan maksimal 10 hari aja. Sakura mekar paling duluan di Okinawa pas bulan Januari, lalu lanjut ke Jepang bagian utara, terus terakhir di Hokkaido pas bulan April. Perkiraan mekar bunga bisa berbeda tiap tahun, jadi rajin-rajinlah update. Kapan pun dimana pun, rasanya udah pasti mekarnya bunga plum dan sakura bakalan jadi hari paling magical selama di Jepang! Salah satu tempat yang banyak didatangi untuk melihat these pinkish cotton candy adalah Atami. Atami adalah tempat cantik di Izu Peninsula yang bisa dijangkau kurang dari satu jam naik shinkansen dari Tokyo. Tempat ini favorit orang-orang untuk melihat bunga plum dan sakura mekar cantik secantik-cantiknya. Kalo datangnya pas, kamu akan melihat kota ini bergradasi pink sepanjang jalan, bahkan hampir diseluruh Jepang! Can you imagine yourself, in the middle of pinkish flower here and there, fresh air, your eyes twinkled, cheeks flushed, and you feel everything is so magical?
Fotonya cakep yha! Sumber dari sini.

--

Gila yah, Jepang indah banget! Belom kesana aja udah berlinang air mata, apalagi beneran bisa kesana, lihat sakura mekar, nyelem di onsen, nonton sumo, bakalan mewek saking terharunya. Makanya saya nulis 10 alasan indah ini untuk ikutan HIS Travel Indonesia Blogger Competition #HISamazingsakura. Saya harap harap banget bisa kesana sama HIS Travel yang udah tau banget spot spot kece di Jepang dan yakin bakalan bikin semua yang kesana happy tingkat dewa! So hopefuly this post encourage you to dream or visit Japan as soon as you can! Dan semoga tulisan ini bisa mesmerizing juri untuk memilih saya sebagi pemenang.  Makasih yang udah mampir! Doakan saya yah!

12 comments

  1. Se-bagus dan se-menarik itu untuk dikunjungi ya Jepang. Mau bangett semoga ada kesempatan utk liburan kesana suatu saat nanti. Dan best of luck mba semoga suksess berangkat ke Jepang hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sekali doanya Bia! Semoga kamu juga bisa kesana ya sama suami :)

      Delete
  2. pingiiiiiin bgt bisa menjejak di Jepang, sudah lama terpikat sama negeri sakura ini

    ReplyDelete
  3. aku pengen ke jepang tp ngga pengen2 banget. smoga utin yg pengen bgt didahulukan Tuhan ke sana ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin Mba Kachan makasih banyak doanya :* salam buat kinan sama ipus yaa

      Delete
  4. Saya juga ingin banget ke Jepang, terutama ingin tahu lebih banyak segala hal tentang Samurai berikut filosofinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih semoga segera terwujud ya Mas Akhmad! Semoga bisa ketemu Samurai :)

      Delete
  5. sama mbak ,ini juga masuk bucketlist aku .dan karna baru direncanain skrg maka mgkn 2 atau 3 tahun lagi baru trlaksana..kudu nabung dulu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat nabungnya Mba Susanti, semoga segera terwujud ya pergi ke Jepang :)

      Delete
  6. Amin semoga kamu dan aku ada rejeki untuk ke Jepang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sekali doanya Mba Sari. Amin amin!

      Delete

I'd love to hear from you!

© Travel and Enjoy Everything with Justin Larissa • Theme by Maira G.