SLIDER

WELCOME

Hi fellas! My name is Justin Larissa and welcome to my online home where you can see how I Travel and Enjoy Everything! Lets pull up a bear, have a cup of Thai Tea, make yourself comfortable and enjoy my blog.

JOIN THE NEWSLETTER

Mau Main sama Alpaca di Korea Selatan?

Jika jawabanmu untuk pertanyaan di judul tulisan ini adalah iya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Saat ke Korea kemarin, saya mengunjungi keluarga jauh beda klan yang sempat kirim ancaman, katanya kalau tidak datang berkunjung, saya akan diludahi oleh alpaca satu geng. Makanya main ke Alpaca World jadi satu-satunya itinerary yang saya buat wkwk.

Apa tuh alpaca?
Alpaca adalah hewan origin dari Amerika Selatan yang sudah jadi peliharaan orang Indian di Pegununan Andes sejak ribuan tahun lalu. Meski tampak seperti fusion antara jerapah dan domba, alpaca ini sebenarnya adalah bagian dari keluarga unta lho wkwk.

Memang kalau lihat panjang lehernya tidak sampai seperti jerapah. Namun lentik bulu matanya sama dan itu asli, bukan ekstensyen. Alpaca diternak untuk diambil bulunya. Wol dari alpaca terkenal ringan, kuat, mengkilap, hangat, tahan hujan dan salju. Kalau kamu mengelus bulu alpaca, wuah rasanya seperti memegang awan.

Telinga yang sedang menangkap sinyal pergerakan dari belakang. Bentuknya kecil dan lebih lancip jika dibandingkan dengan llama.
Lembut sekali ini. Dan kamu bisa tenggelamkan tanganmu di situ.


Alpaca kok mirip sama llama?
Faktanya, tidak hanya kita-kita yang punya doppelganger, hewan juga punya wkwk. Seperti citah dan macan tutul, katak dan kodok, nah alpaca ini kembar dengan llama. Bedanya kalau llama bulunya lebih kasar dan badannya lebih besar, jadi dia banyak digunakan sebagai alat transportasi. Tapi mereka sama-sama berasal dari keluarga camelid kok, jadi tidak akan bertengkar.

Jika mau dibandingkan lagi, kepribadian alpaca lebih dependen jika dibandingkan dengan llama. Mereka hidup berkelompok dan saling menyayangi. Kalau alpaca dan llama ada di peternakan yang sama, llama yang akan jadi guard melindungi alpaca.

Aqu milip tapayah? Oppa Seo Joon?


Apa itu Alpaca World?
Alpaca World adalah sebuah kebun binatang di Gangwon, yang punya alpaca, domba, kuda poni, marmut dan hewan gemas lain sebagai performer utamanya. Lokasinya agak di atas bukit dengan hamparan hijau bukit dan pegunungan. Suasanya sejuk meski saat itu Seoul panasnya jahanam banget wkwk.

Tempat wisata ini baru launching tahun 2018, jadi saat ke sana memang belum begitu ramai. Apalagi dengan luas taman mencapai lebih dari 100ribu kaki, jadi bisa puas sekali jalan putar-putar sesuka hati. Mereka bahkan mengklaim bahwa Alpaca World is the largest animal kingdom in Korea.

Selamat yha sudah sampai ke sini~


Bagaimana cara pergi ke sana?
Karena tempat ini masih baru, jadi belum banyak moda transportasi umum yang provide ke sana. Nah kalau dari Seoul paling gampang naik kereta. Begini caranya.

Alpaca World buka setiap hari Rabu - Minggu pukul 10.00 - 17.00 waktu setempat, jadi pastikan kamu tidak datang di hari Senin dan Selasa yah. Dari Seoul kamu bisa naik subway menuju Stasiun Namchuncheon dengan waktu tempuh dari Seoul ±2 jam. Mau lebih cepat bisa naik ITX-Cheongchun, tapi naiknya dari Stasiun Yongsan, jadi mungkin disesuaikan saja dengan di mana lokasi tinggalmu. Ongkosnya sekali jalan ₩3050, lumayan mahal jadi jangan sampai salah turun yha. Saya beruntung bawa WiFi Passpod, saya bisa terkoneksi terus dengan peta online jadi tidak nyasar.

Pemandangan di Stasiun Mangu, stasiun transit sebelum sampai ke Namchuncheon

Setelah sampai Namchuncheon, pergilah ke pintu exit 1 lalu turun eskalator menuju jalan utama. Persis setelah eskalator ada halte bus. Di halte itu lah kita akan menunggu bus kecil (seukuran travel) #3 yang akan menuju Alpaca World dalam waktu sekitar 1 jam. Ongkosnya jauh dekat ₩1000, dibayar cash dimasukkan ke kotak pembayaran dekat pintu. Bayar dengan uang pas yha.

Nah yang harus diperhatikan adalah bus #3 ini hanya ada di jam-jam tertentu yaitu pukul 08.50, 12.20, dan 16.10. Untuk arah pulangnya dari Alpaca World adanya pukul 10.02, 14.15, dan 17.32. Jika ketinggalan bus bagaimana? Yah kamu bisa lah hitchhiking orang lokal yang bawa mobil wkwk.

Bus #3 akan berhenti tepat di lokasi parkir Alpaca World. Jangan sampai ketiduran ya karena mobilnya hanya berhenti sebentar. Dari lokasi parkir, selanjutnya kita naik shuttle bus gratis menuju pintu masuk Alpaca World. And voila! Now you're arrive to the one of happiest place on earth~

Parking lot di Alpaca World. Cukup luas untuk mobil pribadi, tapi tidak fleksibel untuk bus besar. Itu mini-bus warna warni adalah shuttle yang mengantar ke pintu masuk.

P.S.: Kalau mau santai, kamu bisa book tour Alpaca World lewat beberapa media, salah satunya Klook.


Berapa harga tiket masuknya?
Per orang dewasa dikenakan tarif ₩15000 atau sekitar Rp200ribu. Kalau mau nonton performance hewan atau ajak alpaca jalan-jalan, tambah lagi bayar ₩5000. Tenang, kamar mandi gratis kok. Untuk segala fasilitas yang bersih, hewan yang sehat dan hidup tentram, serta lokasi yang menyenangkan, uang segitu mah setimpal.

Tiket masyuk~
Peta Alpaca World di pintu masuk. Kamu bisa dapatkan map gratis di loket tiket.
Toilet bersih di dekat pintu masuk. Ini tumben hand wash-nya pakai botol, biasanya di toilet umum lain pakai sabun batang wkwk.


Apa yang bisa kita lakukan dengan para alpaca ucul ini?
Tentu saja aktivitas nomor wahid di sini adalah main dengan alpaca. Saya selalu suka dengan hewan berbulu apalagi yang wajahnya lawak begini. Sama seperti pas saya bertemu hairy cow di Skotlandia, bisa sentuh dan elus-elus alpaca is like a dream come true. I'm so happy I wanna cryyyy :')))))

Alpaca ini berada di lokasi taman, berdua dengan alpaca warna putih. Meski 'diamankan' menggunakan tali, tapi talinya tidak kencang dan secara berkala akan dipindah dari satu pohon ke pohon lain biar tidak bosan.
Ini alpaca di kandang yang sepertinya naksir sama saya wkwk. Kami berfoto banyak sekali, dan dia manja minji minta elus. Pun ketika saya elus lehernya, dia akan memanjangkan leher lalu merebahkannya ke lantai seperti kucing.
Senyum mulu, habis gajian ya u.
Ini saya agak lupa umurnya, tapi masih SD gitu lah. Mereka dipisahkan dengan yang dewasa supaya bisa bergaul dengan yang seumuran, ndak diajari julid.
Lho kok dia jadi mirip sloth? Wkwk. Meski wajahnya seperti itu (lha seperti apa?), alpaca adalah hewan yang pintar dan sangat setia kawan.
Di alam bebas, alpaca akan membiasakan diri poop di tempat yang sudah mereka tentukan. Tapi berhubung ini di kandang, jadi ya di mana ia berdiri, di situ ia buang air wkwk. Coba itu poop-nya mirip apa yaw.
Penampakan luar mobil golf. Itu yang mau naik adalah sepasang kekasih yang diam-diam saja, seperti baru jadian, dan tampak wealth tapi tidak sampai jadi Crazy Wealth Korean seperti Oppa Lee Young-Joon.

Kalau kamu mengelilingi Alpaca World dan mendatangi setiap spot bersantai, kamu akan bertemu banyak ragam dari yang pakai bean-bag, hammock, dan kursi kayu. Semuanya asyique. Kalau bawa anak-anak, kamu bisa sekalian main. Ada pistol air, ada juga kereta safari yang bisa berhenti untuk kasih makan alpaca.

Kamu juga bisa jalan-jalan berkeliling dengan alpaca. Hanya saja kamu tidak bisa bebas memilih mau alpaca yang mana karena bisa jadi alpaca yang kamu mau itu lelah habis olah raga atau bekerja lembur bagai quda. Pihak Alpaca World pun memanjakan sekali para alpaca ini dengan selalu menyediakan blower besar di kandang maupun di halaman luar. Ini demi menjaga alpaca tidak kepanasan atau timbul hal-hal yang tidak diinginkan seperti ketombean hingga kebotakan dini.

Ini mereka mau ajak alpaca jalan-jalan, tapi alpacanya lagi ngambek. Baru keluar kandang, alpaca sudah tiduran di jalan dan tidak mau bangun. Tampak sedikit meronta, tapi persis seperti anak-anak ngambek di mall wkwk.
Alpaca yang berhasil diajak jalan-jalan oleh keluarga. Meski dipancing-pancing dengan makanan wkwk. Selama di Alpaca World saya bebas akses Instagram jadi bisa upload foto-foto gemas dengan alpaca kapanpun, thanks to Passpod! Sinyalnya aman meski di atas bukit euy!

Meski sebenarnya saya kurang suka lihat alpaca dengan tali leher, tapi untungnya tidak ada orang yang kurang ajar karena alpaca diposisikan spesial di sini, jadi tidak boleh dijahatin. Dan saya tidak melihat ada yang memaksa alpaca untuk melakukan hal apapun sih, semua memperlakukan dengan baik bahkan ada yang ketakutan wkwk.

Alpaca punya offense mechanism dengan meludah. Mereka bisa lho meludah kencang gitu, kayak orang buang dahak wkwk. Biasanya dilakukan ketika sedang stres atau tidak menyukai sesuatu. Saya sebenarnya penasaran mau lihat alpaca meludah tapi karena saya ini keluarga yang mereka sayangi, jadi baik-baik saja.

Dek, alpaca-nya disayang ya dek~
Mbak ini yang foto-fotoin saya dengan alpaca di bagian luar. Baik sekali. Kamsahamnida~
Beruntung sekali saya bisa dapat pangan alpaca gratis 3 kali dikasih sama petugasnya plus difotoin banyak banget dan bagus bagus. Acara reuni dengan saudara alpaca-quw jadi makin bermakna.
Bisa naik kereta lalu kasih makan alpaca. Ini gemes banget memang apalagi kalau alpacanya bisa ikut naik kereta~


Gimana gengs, tertarik ke Alpaca World kalau lagi ke Korea Selatan? Atau kalau kamu sedang di belahan dunia lain, baca tulisan teman-teman saya nih yang main sama alpaca di Inggris dan Swedia. Dan untuk membuat harimu semakin cerah, saya persembahkan selfie favorit abad ini:

Have a wonderful day everyoneee!




- - -

Pengalaman pergi dan main sama alpaca ini disupport oleh WiFi Passpod cintaqu yang sangat compact, mudah digunakan, dan sinyalnya pancen oye bahkan di atas bukit!

8 comments

  1. Wahahahaha tulisannya sudah kembali berwarna dan terkesan hidup. Keep good work sayang

    Gepenk
    -nama yang sering disebut di blog ini-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaay. Alpaca memang membuat happy jadi inspirasinya ngaliiirrr deresss kek semprotan keran kita yg baru wkwk

      Delete
  2. kunjungan pertama,dan baru kenalan sama alpaca..hua ucul banget sih..pengenbawa pulang..asli selfienya juara banget itu, jinak juga ya..postingannya bikin pengen ke alpaca world duh kapannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ucul buanget! Mau bawa pulang, tapi aku harus pindah dulu ke Takengon atau Pagaralam atau Ubud lah biar alpacanya gak kesumukan wkwk. Yukkk ke sana jugaaa terus main peluk peluk alpacaaa~~~

      Delete
  3. Alpaca-nya lucu banget!! Dari video-video ini tingkah lakunya unik banget! Hahahaha.
    Baru tau ternyata di Korsel ada alpaca. Akhirnya aku bisa menemukan sesuatu yang menarik di Korsel, karena biasanya cewek-cewek lebih tertarik ke negara ini hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kirain gak bakalan ada cowok yang pengin main sama Alpaca wkwk. Tapi emang Alpaca World ini asyik banget buat refreshing dan pengalaman main sama hewan berbulu manis-manis~

      Delete
  4. Tentu saja kusuka postingan yang iniiih, karena banyak foto Alpacanya. hahaha.
    Semoga menang yaa giveaway-nyaa

    ReplyDelete
  5. Gemes banget alpacanya ramah ramah suka senyum. Mba untuk main sama alpaca bayar lagi ga?

    ReplyDelete

I'd love to hear from you!

© Travel and Enjoy Everything with Justin Larissa • Theme by Maira G.